Khoir, Amalia Ilmi (2022) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Promosi Make Up Artist (Studi Kasus Clarissa MUA Ganjar Agung Metro Barat). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
AMALIA ILMI KHOIR-1 - amaliaa ilmi khoir.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan ekonomi yang semakin meningkat turut mempengaruhi persaingan bisnis pada era globalisasi saat ini. Hal ini membuat berbagai usaha jasa khususnya yang bergerak pada bidang jasa berlomba untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Keadaan seperti ini membuat pengusaha jasa harus menemukan promosi yang tepat guna mempertahankan persaingan pasar, dengan harapan dapat mempertahankan pasarnya untuk maju dan berkembang serta memenangkan persaingan yang ketat dengan usaha jasa lainnya. Etika bisnis Islam merupakan suatu norma yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-hadist yang dijadikan pedoman untuk bertindak, bersikap, bertingkah laku serta membedakan antara mana yang buruk dalam melakukan aktivitas. Dalam Islam etika berbisnis itu penting yakni memberikan pedoman tentang baik buruknya cara dalam berbisnis, Islam juga telah mengatur tata cara etika bisnis yang ideal, sehingga tidak merugikan salah satu pihak ataupun bagi keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan etika bisnis Islam terhadap promosi dalam usaha Clarissa MUA Ganjar Agung Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk promosi pada Clarissa MUA menggunakan promosi personal selling dan publicity yakni promosi melalui mulut kemulut dan promosi melalui media sosial. Dari bentuk promosi ini lebih efektif menggunakan promosi dari mulut ke mulut. Dan pada tinjauan etika bisnis Islam terhadap promosi pada usaha Clarissa MUA di Ganjar Agung Metro Barat, kejadian yang sesuai dengan tinjauan etika bisnis Islam ada pada prinsip kesatuan dan prinsip kebebasan berkehendak, karena usaha Clarissa MUA ini menjamin halalnya produk yang digunakan serta memberikan kebebasan memilih produk atau model yang diinginkan oleh konsumen. Pada tinjauan etika bisnis Islam prinsip keseimbangan tidak sesuai karena harga yang diberikan pada setiap konsumen berbeda. Serta kurangnya penerapan prinsip etika bisnis Islam yakni prinsip tanggung jawab dan prinsip kebenaran, karena tanggung jawab saat waktu merias terlambat, dan kebenaran pada saat promosi tidak sesuai dengan realitanya.
Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Promosi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 01:53 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 01:53 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7090 |
Actions (login required)
View Item |