Baihaki, Lutfi (2022) Peran Guru IPS Dalam Mempertahankan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Seputih Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
SKRIPSI LUTFI BAIHAKI NPM 1701080016 - Lutfi Baihaki 205.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar dan hasil belajar, akan tetapi kuat dan lemahnya motivasi seseorang berbeda hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti external dan internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru IPS dalam mempertahankan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Seputih Surabaya pada masa pandemi covid-19. Proses pembelajaran yang diterapkan pada masa pendemi covid-19 terintegrasi ke dalam Google Classroom, Grub WhatsApp. Dan Zoom meeting. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta analisis data. Hasil penelitian ditemukan bahwa Peran guru dalam mempertahankan motivasi belajar siswa sudah baik dapat dilihat dari peran guru yaitu sebagai motivasi belajar siswa, menjadikan siswa yang aktif dalam kegiatan mengajar, menciptakan suasana kelas yang kondusif, menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi, memberikan angka, hadiah, saingan atau kompetisi, ego-involvement,memberikan ulangan, mengetahui hasil, pujian, hukuman, hasrat untuk belajar, dan tujuan untuk diakui.
Kata kunci: Motivasi belajar, siswa, guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 02:25 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 02:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7095 |
Actions (login required)
View Item |