Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Saat Pandemi dan Pasca Pandemi Covid-19 (Studi BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Penawartama Kabupaten Tulang Bawang)

Pratiwi, Gallih Dinny (2022) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Saat Pandemi dan Pasca Pandemi Covid-19 (Studi BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Penawartama Kabupaten Tulang Bawang). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
GALLIH DINNY PRATIWI-1804102017-1 - Gallih Dinny Pratiwi.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020, memberi dampak penurunan pendapatan pada badan usaha. Akan tetapi hal tersebut tidak berpengaruh pada BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Penawartama Kabupaten Tulang Bawang yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini menimbulkan pertanyaan, bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan dan faktor pendukung dalam upaya meningkatkan jumlah anggota pada saat pandemi dan pasca pandemi Covid-19 BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Penawartama Kabupaten Tulang Bawang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan di BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Penawartama Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kerangka berpikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Penawartama Kabupaten Tulang Bawang telah menerapkan strategi pemasaran segmentasi pasar yang terdiri dari segmentasi geografis, dan segmentasi demografis. Bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Digital Marketing serta perbaikan kualitas produk dan layanan. BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Penawartama Kabupaten Tulang Bawang, juga menerapkan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota pada saat pandemi dan pasca pandemi covid-19, yaitu kepercayaan, dan ketekunan. Faktor minat yang diterapkan BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Penawartama Kabupaten Tulang Bawang faktor minat dalam diri individu (internal), yaitu: faktor keluarga dan pengetahuan. Untuk faktor pendukung dalam upaya meningkatan jumlah anggota pada saat pandemi dan pasca pandemi covid 19 di BMT Assyafi`iyah Berkah Nasional Kantor Cabang Penawartama Kabupaten Tulang Bawang yaitu, faktor pelayanan dan kepercayaan, serta faktor lokasi.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Minat Anggota, BMT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:28
Last Modified: 30 Dec 2022 02:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7096

Actions (login required)

View Item View Item