Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar

Oktaviana, Mayang (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
Skripsi Mayang Oktaviana (PGMI)) NEW - Mayang Okta.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa pada soal berbasis pemecahan masalah serta masih banyak siswa yang menganggap pelajaran matematika itu sulit, sehingga rasa percaya diri untuk belajar masih rendah dan belum memadainya bahan ajar LKPD untuk menunjang kemampuan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan LKPD berbasis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar pada materi bangun datar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis kemampuan pemecahan masalah yang valid, praktis, efektif, dan menarik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE yaitu Tahap Analisis (Analysys), Tahap Perancangan (Design), Tahap Pengembangan (Development), Tahap Uji Coba Produk (Implementation) dan Tahap Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD N 4 Sukadamai dengan jumlah 25 subjek penelitian. Instrument yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD adalah angket penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Aspek kepraktisan diukur menggunakan angket peserta didik. Aspek keefektifan diukur melalui tes hasil belajar peserta didik. Aspek kemenarikan diukur menggunakan angket pendidik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa LKPD berbasis kemampuan pemecahan masalah (problem solving) siswa dinyatakan valid, praktis, efektif, dan menarik. Perolehan aspek kevalidan adalah 4,3 dikategorikan valid. Aspek kepraktisan diperoleh hasil 4,22 dikategorikan sangat praktis. Untuk aspek keefektifan diperoleh 72% dikategorikan efektif, dan aspek kemenarikan diperoleh hasil 4,1 dengan kategori menarik.

Kata Kunci : LKPD, Pemecahan Masalah, Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:40
Last Modified: 30 Dec 2022 02:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7099

Actions (login required)

View Item View Item