Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Manajemen Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Calon Jemaah Haji (Studi Kasus PT. Arminareka Perdana Kota Metro

Mansur, Nurul Azizah (2022) Analisis Manajemen Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Calon Jemaah Haji (Studi Kasus PT. Arminareka Perdana Kota Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NURUL AZIZAH 1704010031 (1) - Nurul azizah Mansur.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Dengan banyaknya lembaga penyelenggara ibadah haji dan umrah yang mengklaim bahwa lembaga tersebut mempunyai kualitas pelayanan yang prima. Bahkan ada yang memberikan beberapa bukti agar konsumen percaya terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh biro perjalanan haji dan umrah. Namun kenyataannya banyak dijumpai jemaah yang terlantar bahkan tidak jadi berangkat haji dan umrah karena kelalaian dari pelayanan yang diberikan oleh biro-biro yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu diperlukanlah manajemen pelayanan yang baik dan benar dalam suatu lembaga biro perjalanan haji dan umrah. Sebab itu peneliti ingin meneliti lebih jauh tentang pelayanan haji dan umrah. Dimana peneliti menggunakan objek penelitiannya PT. Arminareka Perdana Kota Metro. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahuiJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis data menggunakan teknik data kualitatif dengan berpikir induktif. Sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan manajemen yang digunakan pada PT. Arminareka Perdana Kota Metro sudah sangat baik dengan memanfaatkan teknologi untuk memberikan pelayanan yang baik kepada calon jemaah haji yang terdiri dari unsur man, money, material, machine, method dan market serta kegiatan pelayanan yang meliputi administrasi, transportasi, akomodasi, konsumsi dan kesehatan.

Kata kunci: manajemen pelayanan, haji dan umrah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Haji dan Umroh
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:45
Last Modified: 30 Dec 2022 02:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7100

Actions (login required)

View Item View Item