Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Pembelajaran Aktif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 3 Pesawaran

Hidayah, Melda (2022) Penggunaan Pembelajaran Aktif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 3 Pesawaran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MELDA HIDAYAH -1801010073 - PAI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di SMPN 3 Pesawaran sehingga keaktifan siswa tidak terlihat disaat proses belajar berlangsung dan mengakibatkan nilai yang diperoleh siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa penyebab dari kurangnya keaktifan siswa dalam mata pelajaran PAI adalah cara guru dalam mengajar di kelas masih menggunakan sistem ceramah dan mengakibatkan siswa merasa bosan dan siswa kurang memperhatikan penjelasan guru sehingga siswa tidak aktif dikelas, hanya beberapa siswa yang aktif dan sisa nya tidak aktif sibuk dengan dunia nya sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut penggunaan pembelajaran Aktif Tipe Jigsaw dapat menjadi solusi untuk menambah variasi dalam mengajar dikelas. Dengan menggunakan pebelajaran Aktif Tipe Jigsaw semua siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan belajar di kelas.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―Apakah penggunaan pembelajaran Aktif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Pesawaran ‖. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Pesawaran dengan menggunakan pembelajaran aktif Tipe Jigsaw. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakkan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 16 putra dan 4 putri. Dalam penelitian, peneliti bertindak sebagai guru dan berkolaborasi dengan guru kelas yang bertindak sebagai observer. Pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Terdapat 4 tahapan pada setiap siklus yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan / observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu : tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran materi Khulafa Ar-rasyidin yaitu pada siklus I 64%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82%. Maka peningkatan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 18%. Kesimpulannya yaitu penggunaan pembelajaran aktif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 3 Pesawaran.

Kata kunci : Pembelajaran Aktif Tipe Jigsaw, Keaktifan Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:18
Last Modified: 15 Mar 2023 02:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7110

Actions (login required)

View Item View Item