Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Di MI Miftahul Huda Banding

Sari, Luci Novita (2022) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Di MI Miftahul Huda Banding. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI LUCI NOVITA SARI -1801050030 - PGMI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang bervariasinya metode yang digunakan dalam pembelajaran matematika di MI Miftahul Huda Banding sehingga menyebabkan hasil belajar matematika rendah dan kurangnya penggunaan alat peraga. Kondisi ini berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Adapun tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Alat Peraga terhadap hasil belajar MATEMATIKA siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Banding.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design”. Populasi adalah seluruh siswa kelas IV MI Mifathul Huda Banding dan pengambilan sampel menggunkan teknik Cluser random sampling. Pada penelitian ini sampel yang digunakan 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan alat peraga bangun datar dan kelas kontrol tidak menggunakan alat peraga bangun datar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan lembar observasi. Adapun uji hipotesis yang digunakan adalah uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis yaitu Mann-Whitney.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga bangun datar secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika kelas IV MI Miftahul Huda Banding. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis bahwa dengan maka diperoleh asymp. Sig sebesar 0.000 dimana angka tersebut kurang dari 0.05 dan Ha diterima. Selain itu pengaruh penggunaan alat peraga dapat dilihat dari nilai rata-rata pretes kelas kontrol = 41,4 dan kelas eksperimen = 46,1. Sedangkan pada postes kelas kontrol 67,7 dan kelas eksperimen = 83,4. Artinya nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan alat peraga lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Pengaruh Penggunaan Alat Peraga, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:18
Last Modified: 15 Mar 2023 02:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7111

Actions (login required)

View Item View Item