Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Aplikasi Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Perilaku Sosial Anak di RA Al-Azhar Metro Timur

Permata, Vionica Hana Pitrani (2022) Aplikasi Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Perilaku Sosial Anak di RA Al-Azhar Metro Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
VIONICA HANA PITRANI PERMATA - vionica hana pitrani permata.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaplikasian metode bermain peran untuk mengembangkan perilaku sosial anak di RA Al-Azhar Metro Timur. Terdapat permasalahan yang ditemukan yaitu masih banyak anak yang belum mampu berperilaku sosial dengan teman sekelasnya contohnya seperti merebut sesuatu milik teman, terkadang membeda-bedakan teman, serta tidak mau berbagi makanan ataupun mainan dengan temannya. Bermain peran merupakan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan anak untuk mengembangkan imajinasinya dalam memerankan seorang tokoh agar mereka menghayat sifat-sifat dari tokoh atau benda tersebut. Dengan bermain peran anak mampu berlatih bersosialisasi, berkomunikasi dan berempati dengan anak-anak lain. Namun pada faktanya masih banyak anak yang belum mampu berperilaku sosial dengan teman sekelasnya contohnya seperti merebut sesuatu milik teman, terkadang membeda-bedakan teman, serta tidak mau berbagi makanan ataupun mainan dengan temannya. Adanya perilaku tersebut karena dalam proses pembelajaran hanya di dominasi oleh kegiatan belajar yang mengarahkan untuk menghafal, mengingat dan menimbun berbagai informasi sehingga kurang menarik minat anak untuk memperhatikan. Pembelajaran tersebut tentunya kurang mendorong anak untuk mengembangkan kemampuan berpikir dalam berperilaku sosial. Dalam hal ini guru perlu memberikan aplikasi yang menarik dan memberikan stimulus untuk mendukung proses pengembangan perilaku sosial pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yaitu tenaga pengajar di RA Al-Azhar Metro Timur, sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi meliputi profil sekolah dan foto-foto RA Al-Azhar Metro Timur. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pengaplikasian metode bermain peran dalam pengembangan perilaku sosial anak di RA Al Azhar Metro Timur sudah berkembang dengan baik. Adanya metode bermain peran yang digunakan sangat membantu dan memudahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hasil pengaplikasian metode bermain peran dapat menstimulus perkembangan perilaku sosial anak dengan lebih maksimal, pembelajaran menjadi lebih menarik perhatian anak dan menghidupkan suasana.

Kata Kunci: Bermain Peran, Perilaku Sosial Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:19
Last Modified: 19 Jan 2023 01:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7130

Actions (login required)

View Item View Item