Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Kredit Motor (Studi Kasus di Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari)

Sari, Yuni Selviana (2018) Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Kredit Motor (Studi Kasus di Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI YUNI SELVIANA SARI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan maupun keinginan manusia itu tidak terbatas sedangkan sumber daya manusia atau alat untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan manusia itu terbatas.Islam mengatur segenap perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Demikian pula masalah konsumsi, Islam mengatur bagaimana manusia berguna bagi kemaslahatan. Industri mesin otomotif yang berkembang saat ini tidak terlepas dari peran konsumen, dimana konsumen akan melakukan pemenuhan kebutuhan dalam mengkonsumsi, oleh sebab itu banyak bermunculan dealer-dealer yang menjual jenis produk usaha motor seperti merk Honda, Yamaha dan Suzuki. Penelitian ini bertujua untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan kredit motor studi kasus di Desa 39 Kecamatan Batanghari.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data wawancara sebagai metode utama memperoleh
keterangan-keterangan yang berhubungan dengan konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan kredit motor. Selain itu digunakan metode observasi untuk melihat secara langsung konsumen dalam pengambilan kredit motor dan dokumentasi sebagai pelengkap untuk memperoleh data tambahan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara induktif.

Berdasarkan dari penelitian yang penulis lakukan di Desa 39 kecamatan Batanghari bahwa penelitian menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi konsemen dalam pengambilan kredit motor yang dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang meliputi keluarga, pribadi yang terdiri dari keadaan ekonomi, gaya hidup dan pekerjaan, dan faktor psikologis yang terdiri dari motivasi dan persepsi. Sedangkan faktor eksternal yang meliputi faktor budaya dan faktor sosial yang terdiri dari kelompok referensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Jan 2020 10:49
Last Modified: 11 Jan 2020 11:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/714

Actions (login required)

View Item View Item