Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Metro

Fauziah, Shima Dewi (2019) Upaya Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SHIMA DEWI FAUZIAH.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Upaya guru merupakan suatu usaha yang dilakukan guru dalam memecahkan suatu masalah sehingga dapat tercapainya tujuan dari lembaga pendidikan tersebut. Guru sangat menentukan keberhasilan siswa, terutama kaitannya dengan proses belajar mengajar dan membentuk kompetensi siswa menjadi lebih baik. Kualitas pembelajaran dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai baik-buruknya hasil dan pemahaman yang dicapai oleh siswa setelah kegiatan pembelajaran dilakukan. Fiqh sebagai salah satu mata pelajaran wajib di Madrasah khususnya, menduduki peranan yang strategis dalam upaya membentuk kepribadian, penanaman nilai-nilai syari’at Islam, sikap, kecerdasan, pengetahuan, pemahaman serta perilaku yang sesuai dengan syari’at Islam, namun saat ini proses belajar mengajar Fiqh di kelas dipandang kurang efektif dan kurang kreatifnya guru Fiqh dalam menggunakan berbagai metode dan media pada saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga sebagian siswa masih kurang antusias dan cenderung kurang memperhatikan penjelasan guru serta sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing di dalam kelas. Maka dalam hal ini guru Fiqh dituntut untuk melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqh. Oleh karena itu Peneliti melakukan penelitian mengenai Bagaimana upaya guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran Fiqh di MA Muhammadiyah Metro?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya guru dalam peningkatan kualitas pembelajaran Fiqh di MA Muhammadiyah Metro.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MA Muhammadiyah Metro. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif, sumber datanya adalah Guru Fiqih dan Siswa sebagai data primer (data utama) dan Kepala Sekolah sebagai data sekunder (data pelengkap). Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan lebih dahulu memfokuskan pada data kemudian disajikan dalam teks yang bersifat deskriptif, dan ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru Fiqih dalam peningkatan kualitas pembelajaran Fiqih sudah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan dari upaya-upaya yang telah dilakukan guru Fiqh dalam peningkatan kualitas pembelajaran, adapun hal-hal yang telah dilaksanakan oleh guru Fiqh dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran Fiqh antara lain: (1) meniatkan diri untuk memberikan ilmu dengan penuh cinta dan keikhlasan, (2) menyampaikan ilmu dengan menarik dan penuh semangat, (3) membiasakan diri bertanya untuk kemajuan diri, (4) menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasan, (5) mengikuti seminar dan training.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Jan 2020 10:40
Last Modified: 11 Jan 2020 10:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item