Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Menurunnya Hasil Belajar PAI Kelas VII di SMP MA’ARIF 1 Metro

Anita, Lia (2022) Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Menurunnya Hasil Belajar PAI Kelas VII di SMP MA’ARIF 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
LIA ANITA (1801010066) - Lia Anita.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Bermain game banyak dilakukan oleh siswa. Bermain game adalah salah satu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang yang membuat ia merasa senang dan merasa terhibur dengan hal tersebut. Siswa yang bermain game akan mengganggu segala aktifitas termasuk sulitnya membagi waktu belajar dan mempengaruhi hasil belajarnya karena bermain game banyak menyita waktu serta membutuhkan fokus untuk memainkannya sedangkan pembelajaran dikelas membutuhkan konsentrasi yang penuh.Hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti faktor internal dan faktor eksternal.

Rumusan masalah pada penelitian ini ialah ―adakah pengaruh bermain game online terhadap menurunnya hasil belajar PAI kelas VII di SMP Ma’arif 1 Metro.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh bermain game online terhadap menurunnya hasil belajar PAI kelas VII SMP Ma’arif 1 Metro. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Ma’arif 1 Metro yang berjumlah 75 siswa, yang terdiri dari 3 kelas. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah yang diambil 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kuesioner (angket) digunakan untuk mencari informasi/data dari responden, jenis angket yang digunakan angket langsung, cara menjawab angket pada penelitian ini menggunakan jenis angket tertutup yakni angket yang telah menyedikan alternatif jawaban yang telah disediakan saja, bentuk angket yang digunakan yaitu angket chek clist ( ). Angket digunakan untuk mencari data X dengan 15 item pernyataan dan dokumentasi untuk memperoleh data variabel Y. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus Product Moment.

Hipotesis yang diajukan dalam penelitan ini adalah ―terdapat
atau adanya pengaruh bermain game online terhadap menurunnya hasi belajar PAI kelas VII di SMP Ma’arif 1 Metro‖.Dilihat dari data yang dianalisis diketahui bahwa adanya pengaruh bermain game online terhadap menurunnya hasil belajar PAI kelas VII di SMP Ma’arif 1 Metro. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis mengunakan rumus Chi Kuadrat dengan perolehan Chi Khuadrat (x2 hitung) yaitu 16,352 lebih besar dari harga Chi Kuadrat (x2 tabel) signifikan 5% dengan harga 9,488. Sehingga dalam penelitian ini Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak dengan tingkat hubungan sangat kuat. Adapun dari hasil perhitungan koefisien determinasinya bermain game online memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 73% dalam mempengaruhihasil belajar siswa di SMP Ma’arif 1 Metro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:46
Last Modified: 06 Feb 2023 06:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7153

Actions (login required)

View Item View Item