Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Media Video Interaktif Berbasis CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) Pada Materi Bangun Datar Kelas 4 di SDN 1 Nambahrejo

Oktaviani, Dini (2022) Pengembangan Media Video Interaktif Berbasis CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) Pada Materi Bangun Datar Kelas 4 di SDN 1 Nambahrejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
DINI OKTAVIANI 1801050019 - Dini Oktaviani.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah suatu perantara yang digunakan untuk sarana belajar peserta didik. Pengembangan media video interaktif berbasis CTL ini dilator belakangi oleh kurangnya pemanfaatan media seperti video dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran matematika. Dengan penggunaan media ini proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media video interaktif berbasis CTL yang layak untuk mata pelajaran matematika pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan model 4D (Define, Desain, Development, Dessemination) atau disebut dengan 4P yaitu Pendefinisian, Perencanaan, Pengembangan dan Penyebaran. Media ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi yang selanjutnya di uji cobakan pada peserta didik kelas 4 sekolah dasar yang berjumlah 21 peserta didik. Hasil dari validasi ahli media yang dilakukan oleh 2 ahli media memperoleh skor rata- rata secara keseluruhan yaitu 87% dengan kriteria ―Sangat Baik‖. Hasil validasi ahli materi yang dilakukan oleh 2 ahli materi memperoleh skor rata- rata secara keseluruhan yaitu 78% dengan kriteria ―Baik‖. Dan hasil validasi guru kelas dalam bidang media memperoleh skor rata-rata sebesar 79% dengan kriteria ―Baik‖ dan dalam bidang materi memperoleh skor rata-rata 82% dengan kriteria ―Baik‖. Sedangkan hasil dari tanggapan peserta didik memperoleh skor rata-rata secara keseluruhan sebesar 90% dengan kriteria ―Sangat Baik‖. Sehingga dapat dikatakan bahwa alat peraga Pop Up Book ini Sangat Layak digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:45
Last Modified: 06 Feb 2023 06:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7155

Actions (login required)

View Item View Item