Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implikasi Pembelajaran Al-Quran Hadist Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Baca Tulis Quran di MI Mamba’ul Ulum Sumberrejo Lampung Timur

Safitri, Ari Setiya (2023) Implikasi Pembelajaran Al-Quran Hadist Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Baca Tulis Quran di MI Mamba’ul Ulum Sumberrejo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ARI SETIYA SAFITRI - Ari Setiya.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Mata pelajaran al-Quran hadist di Madrasah Ibtidaiyah ini menekankan pada kemampuan membaca dan menulis al-Quran. Munculnya permasalahan yang dialami siswa saat belajar membaca. Pertama kesulitan dalam membaca al- Quran, begitu juga dengan menulis masih terlihat jelas bahwa siswa tersebut masih kebingungan. Kedua siswa cenderung masih suka bermain-main di dalam kelas seperti berlari-lari dan tidak mau memperhatikan guru di depan. Ketiga yaitu faktor lingkungan masyarakat yang ada di luar sekolah dapat berpengaruh besar dalam menentukan keberhasilan proses pendidikan. Keempat faktor keluarga kurangnya dukungan atau dorongan motivasi terhadap anak. Dengan adanya mata pelajaran al-Quran hadist ini di MI Mamba‟ul Ulum Sumberjo Lampung Timur agar dapat membentuk kepribadian siswa yang baik, dengan cara memberi siswa pembekalan dengan cara mempraktekkan membaca dan menulis al-Quran dengan baik dan benar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pembelajaran al- Quran hadist dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam baca tulis Quran di MI Mamba‟ul Ulum Sumberjo Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di MI Mamba‟ul Ulum Sumberjo Lampung Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pembelajaran al-Quran hadist dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam baca tulis Quran terdapat beberapa hal yang sangat penting. Guru mengadakan kegiatan rutin dengan
mengaji seminggu sekali membaca dan melatih peserta didik dalam belajar menulis al-Quran dengan pengenalan huruf-huruf hijaiyah mulai dari lafad alif sampai ya‟. Guru bekerja sama dengan orang tua untuk memberikan dukungan yang lebih dan motivasi-motivasi yang baik. Serta menumbuhkan kembali peserta didik supaya mempunyai minat belajar membaca dan menulis al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:46
Last Modified: 06 Feb 2023 06:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7157

Actions (login required)

View Item View Item