Luviana, Reni (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Negara Batin. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI RENI LUVIANA PENGGANDAAN - Reni Luviana.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Negara Batin, Kecamatan Negara Batin, Kabupaten Way Kanan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen (eksperimen semu) dimana desainnya memiliki kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pada penelitian ini digunakan desain penelitian Pretest – Posttest Group Design dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, Angket, lembar observasi dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data berupa 1) Uji Prasyarat Analisis yang terdiri dari Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, 2) Uji Hipotesis. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Negara Batin. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas, dengan kelas VIII/B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII/A sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil analisis data kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada hasil uji hipotesis menggunakan uji perbedaan rata-rata diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) untuk uji dua sisi adalah 0,002 0,05, maka ditolak. Hal ini menunjukkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dari kedua kelompok berbeda. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Negara Batin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 02:38 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:38 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7159 |
Actions (login required)
View Item |