Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Pekalongan

Haryanto, Priska sabila (2022) Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
skripsi priska sabila 1801051044 PGMI (1) - Priska Sabila.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa diakibatkan dengan penggunaan modelm pembelajaran yang monoton yang menimbulkan rasa bosan dan serta siswa tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran. Masalah tersebut ditunjukkan dengan data awal dari 30 siswa, terdapat 21 siswa yang kurang aktif dengan persentase 70%. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas III di MI Muhammadiyah Pekalongan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievment Division). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI Muhammadiyah Pekalongan. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian berupa lembar checklist untuk mengetahui aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diukur dari evaluasi siklus I dan siklus II. Nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 63% dan siklus II sebesar 79% sudah mencapai target pencapaiaan yaitu 75%. Terjadi peningkatan aktivitas belajar pada siklus I dan siklus II sebesar 16%. Kesimpulan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Pekalongan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:38
Last Modified: 26 Jan 2023 02:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7161

Actions (login required)

View Item View Item