Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor – Faktor Kesulitan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 3 di SD Negeri 3 Banjarrejo

Putri, Ayu Febriana Aneka (2022) Analisis Faktor – Faktor Kesulitan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas 3 di SD Negeri 3 Banjarrejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Ayu Febriana Aneka P. 1801050007 - Ayu Febriana Aneka Putri.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan tentang kesulitan kemampuan membaca pada siswa kelas 3 di SD Negeri 3 Banjarrejo. Berdasarkan hasil pra-survei didapatkan bahwa kemampuan membaca siswa kelas 3, siswa kurang dukungan orangtua karena sibuk bekerja bahkan anak tersebut ikut oleh neneknya. Serta terdapat permasalahan dalam pembelajaran membaca yaitu Siswa yang asik bermain ketika pembelajaran berlangsung dan kurang antusias ketika belajar membaca anak cenderung diam dan memainkan alat tulis. Peserta didik kurang aktif dalam membaca, peserta didik juga merasa jenuh dengan pembelajaran membaca sehingga mereka kurang antusias untuk mengikutinya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca dan untuk menganalisis faktor-faktor kesulitan kemampuan membaca. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yang mengambil lokasi di SDN 3 Banjarrejo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan skunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data yakni menggunakan triangulasi teknik, dan teknik analisis data menggunakan data Reductoin, data Display dan Conclusion Drawing.

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan membaca pada kelas 3 di SD Negeri 3 Banjarrejo yaitu masih tergolong rendah dikarenakan terdapat beberapa siswa yang kurang termotivasi untuk belajar, sering bermalas-malasan bahkan main-main dengan temannya saat jam belajar berlangsung. Minat membaca siswa menjadi lebih baik dengan dukungan orang tua untuk mendampingi anak ketika belajar di rumah dan memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar. Berdasarkan analisis data di SDN 3 Banjarrejo dapat disimpulkan bahwa analisis faktor-faktor kesulitan kemampuan membaca pada siswa kelas III yaitu sebagai berikut: Faktor Intelektual yaitu kemampuan siswa yang rendah dibdaning dengan temannya. Faktor Eksternal meliputi lingkungan, baik lingkungan rumah maupun sekolah, jika lingkungan teman-temannya rajin membaca mereka juga akan terpengaruh untuk rajin membaca. Faktor Internal yang mencakup minat baca, motivasi, emosi, dan percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:38
Last Modified: 26 Jan 2023 02:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7163

Actions (login required)

View Item View Item