Rahmawati, Siti (2019) Peranan Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) At-Taqwa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Desa Sakti Buana Kec. Seputih Banyak Tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SITI RAHMAWATI.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Dalam Agama Islam, Al-Qur’an menempati posisi pertama dan menjadi suatu istimewa. Karena Al-Qur’an adalah sebuah pedoman yang paling utama bagi umat Islam. Selain itu, Al-Qur’an adalah petunjuk dan sebagai penolong bagi umat Islam yang beriman karena begitu istimewanya Al-Qur’an bahkan cara memperlakukannya pun harus istimewa terutama dalam hal membacanya sedangkan dalam membaca Al-Qur’an tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena membaca Al-Qur’an memerlukan ilmu agar apa yang kita baca tidak merusak makna dari ayat tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peranan guru taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) At-Taqwa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Desa Sakti Buana Kec. Seputih Banyak Lampung Tengah.
Metodologi penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu metode yang bertujuan untuk membuat pencandraan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat atau daerah tertentu. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini, metode yang penulis gunakan antara lain: meteode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi data yaitu sumber dan teknik.
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa peran guru taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) At-Taqwa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di Desa Sakti Buana Kecamatan Seputih Banyak yaitu: guru sebagai pengajar guru sudah mengajar dengan baik, menyampaikan materi pelajaran tentang kemampuan membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode yang bervariasi, mengajarkan cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar.
Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat dipersentasekan hasil dari tes tersebut dari 22 santri maka, 24% santri dapat mengerjakan tes dan praktik dengan hasil nilai A, kemudian 64% santri juga dapat mengerjakan tes dan praktik dengan nilai B serta terdapat 12% santri yang dapat mengerjakan tes dan praktik dengan hasil kategori cukup yaitu C.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 11 Jan 2020 10:26 |
Last Modified: | 11 Jan 2020 10:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/718 |
Actions (login required)
View Item |