Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Sekampung

Fadila, Ilfaning (2022) Peran Guru Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Sekampung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
ILFANING FADILA - ilfaning fadila.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya belajar merupakan proses yang menimbulkan perubahan tingkah laku subjek belajar kearah tujuan belajar itu sendiri dan secara umum tujuan pendidikan. Banyak faktor yang mempengaruhinya salah satunya adalah motivasi belajar, yang berasal dari dalam diri siswa (intern) dan faktor dari luar (ekstern). Pembelajaran akan berlangsung dengan baik dengan efektif apabila subjek belajarnya, yaitu siswa, memiliki motivasi belajar yang baik pula. Oleh karena itu guru sebagai salah satu unsur fundamental dalam proses belajar mengajar memiliki peranan penting untuk meningkatkan motivasi belajar, dengan serangkaian melakukan peranan yang bertujuan memunculkan atau berusaha menggali motivasi itu dari dalam diri siswa atau memberikan pengaruh dari luar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah masih adanya siswa yang memiliki motivasi rendah, dengan indikator: kurang bersemangat ketika pembelajaran di kelas, membuat gaduh, tidak memperhatikan arahan dari guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendidikan akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Sekampung serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Peran guru pendidikan akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Sekampung sebagai berikut: pada awal guru mengajar di kelas motivasi kebanyakan siswa di kelas terbilang rendah, setelah dilakukan upaya agar motivasi meningkat dengan cara memberikan nasihat, memberikan hadiah atau pujian, memberikan hukuman, memperjelas tujuan belajar, memberikan ulangan, memfasilitasi siswa, membimbing, dan mengelola kelas. Motivasi siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa dan sikap belajar siswa di kelas. (2). Faktor pendukung peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah Sekampung, yaitu: kemampuan guru dan dukungan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan akidah akhlak dan banyaknya siswa yang kurang lancar dalam membaca al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:34
Last Modified: 02 Feb 2023 07:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7193

Actions (login required)

View Item View Item