Saputri, Marta Dina (2021) Peran Guru Agama Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa di SD Negeri 5 Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MARTA DINA SAPUTRI 1701050021 PGMI-dikonversi - Marta Dina Saputri.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Guru merupakan salah satu jendela bagi anak didiknya untuk melihat dunia, dan guru juga sering dikatakan sebagai pendidik kedua setelah orang tua. Disekolah, guru menjadi tumpuan utama peserta didik. Dalam proses pembelajaran guru memegang peranan utama dan sebagai seseorang yang penting, karena guru berperan sebagai pengelola proses kegiatan belajar mengajar, yang berusaha menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif, mengembangkan bahan ajar serta meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak dan menguasai pelajaran, sehingga mereka mencapai tujuan pendidikan
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Peran Guru Agama Dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Di SD Negeri 5 Metro Utara?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang peran Guru Agama dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berlokasi di SD Negeri 5 Metro Utara. Peneliti melakukan wawancara terstruktur dengan para narasumber (guru Pendidikan Agama Islam dan siswa) dengan didukung oleh data dokumentasi.
Sebagai temuan dalam penelitian ini, tentang tinjauan peran guru agama dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Guru Sebagai Pengelola Kelas dalam memulai pembelajaran sudah mengkondisikan anak-anak dan juga melakukan suatu hal yang dapat menarik perhatian siswa. (2) Guru Sebagai Inspirator, sudah menyiapkan RPP, materi bahan ajar dan juga media pembelajaran. (3) Guru Sebagai Pembimbing, sudah melakukan bimbingan serta arahan-arahan kepada siswa. (4) Guru Sebagai Pendidik mengemban tugas, tanggung jawab, dan menjadi teladan bagi siswa. (5) Guru Sebagai Evaluator, melakukan evaluasi dengan pemberian tugas, kuis, ulangan dan penilaian. (6) Guru Sebagai Fasilitator, guru menggunakan metode, model dan media dalam pembelajaran. (7) Guru Sebagai Motivator, memberikan motivasi dengan bentuk pujian dan penilaian berupa angka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 06:46 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 06:46 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7196 |
Actions (login required)
View Item |