Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MI al-Quran Tempuran Lampung Tengah

Kanapi, Rahma Mustika (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MI al-Quran Tempuran Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RAHMA MUSTIKA KANAPI NPM 1701050032 - Rahma Mustika Hanafi.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yang masih rendah, serta penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa besar model
pembelajaran Number Head Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas IV MI Al-Qur’an Tempuran Lampung Tengah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental The One Group Pretest-Posttest dengan sampel penelitian sebanyak 16 siswa. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan berbentuk uraian dengan tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu ( 1) Memodelkan situasi yang diuraikan melalui gambar diagram atau lainnya, (2) Membaca data dalam bentuk gambar diagram atau lainnya, dan (3) Penerapan nilai-nilai matematika pada masalah kehidupan sehari-hari serta disiplin ilmu lainnya, sedangkan observasi
dengan lembar observasi untuk mendapatkan data keterlaksanaan model pembelajaran NHT. Adapun untuk analisis data menggunakan uji t berpasangan (uji paired sample test).
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa diterapkannya model pembelajaran NHT berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai 12,883 > 2,042 maka t hitung > t tabel, dan nilai sig 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV MI Al-Qur’an Tempuran Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:46
Last Modified: 06 Feb 2023 06:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7197

Actions (login required)

View Item View Item