Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak Penerapan Pembelajaran Matematika Online di UPTD SD Negeri 8 Metro Utara

Fatmawati, Nur Fajrin (2021) Dampak Penerapan Pembelajaran Matematika Online di UPTD SD Negeri 8 Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Nur Fajrin NPM. 1701050028 - Nur Fajrin Fatmawati.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Adanya wabah covid-19 mengakibatkan terjadinya pelaksanaan pembelajaran matematika di SD Negeri 8 Metro Utara menjadi pembelajaran secara online, dimana siswa diharuskan melakukan pembelajaran dengan media sosial (WhatsApp). Berbagai pemasalahan belajar yang dialami oleh guru dan siswa seperti persiapan yang kurang untuk melakukan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pambelajaran matematika online, dampak positif dan dampak negatif pembelajaran online di UPTD Negeri 8 Metro Utara.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, lokasi penelitian ini di UPTD SD Negeri 8 Metro Utara sumber data penelitian ini adalah Guru kelas IV dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran online adalah
pembelajaran yang dilaksanakan secara online tanpa tatap muka dengan menyusun perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaannya yaitu membuat RPP satu lembar, meteri, dan soal evaluasi. Sedangkan pelaksanaanya yaitu menyampaikan materi melalui WhatsApp grup. Dengan diterapkannya pembelajaran online pada mata pelajaran matematika yaitu keaktifan belajar siswa tidak meningkat, siswa tidak menyukai pembelajaran secara online ini, dan siswa lebih senang belajar langsung dikelas karena merasa bosan jika belajar menggunakan HP melalui whatsapp grup.
Pembelajaran online memiliki dampak positif yaitu: siswa dapat belajar kapan dan dimana saja tanpa terbatas oleh jarak, ruang, dan waktu, media pembelajaran yang dipelajari lebih bervariasi tidak hanya bentuk verbal, melainkan lebih bervariasi seperti visual, audio, dan gerak. Selain itu siswa dapat terhidar dari virus covid-19.Selain dampak positif dampak negatif diterapkannya pembelajaran online yaitu: kesulitan jaringan internet (sinyal), belum biasa menggunakan aplikasi lain selain whatsapp grup, siswa masih sulit memahami materi yang disampaikan hanya melalui vidio, siswa mengeluhkan mata sakit akibat terlalu lama menonton vidio pembelajaran, penurunan capaian belajar siswa, siswa beresiko kehilangan semangat belajar akibat terlalu lama belajar dirumah saja, dan keterbatasan interaksi antara guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:44
Last Modified: 06 Feb 2023 06:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7203

Actions (login required)

View Item View Item