Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kreatifitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi di MIS Jauharotul Mualimin Gayau Sakti Lampung Tengah

Badriah, Nur Lailatul (2021) Kreatifitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi di MIS Jauharotul Mualimin Gayau Sakti Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Nur Lailatul Badriah 1701050075 - Nur Lailatul Badriah.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Di era pandemi Covid-19 ini pemerintah memberikan kebijakan yang dituangkan pada surat edaran nomor 4 tahun 2020 ialah proses belajar dilaksanakan dari rumah (daring). Berdasarkan hasil prasurvey di MIS Jauharotul Mualimin sistem pembelajaran online dilakukan melalui whatsapp grup kelas.
Setiap guru kelas mengirimkan video materi pembelajaran digrup tersebut, dan selanjutnya guru kelas memberikan tugas terkait video yang dikirimkan. Terlaksananya pembelajaran daring tidak terlepas dari kreativitas guru. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana bagaimana kreativitas guru dalam proses pembelajaran daring pada masa pamdemi di MIS Jauharotul Mualimin Gayau Sakti Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam proses pembelajaran daring pada masa pamdemi di MIS Jauharotul Mualimin Gayau Sakti Lampung Tengah.
Pembelajaran daring adalah pembelajaran dimana proses belajarnya tidak melakukan pembelajaran tatap muka secara langsung tetapi dilakukan dengan media platform pendukung yang dapat membantu kegiatan pembelajaran. Kreativitas guru adalah upaya maksimal guru untuk menemukan cara dan strategi
pembelajaran yang baru, yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan disetiap satuan pendidikan. Masa pandemi adalah wabah yang menjangkit diberbagai wilayah secara serentak, cakupan wabah ini sangat luas hingga melintasi banyak Negara bahkan benua.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan dan bersifat deskriptif. Sumber dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa dan orangtua siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi. Menganalisis data dilakukan dengan pengumpulan data, melakukan analisis data dan penarikan kesimpulan.
Pembahasan dari penelitian ini adalah guru di MIS Jauharotul Mualimin Gayau Sakti Lampung Tengah memiliki kreativitas dalam penggunaan metode pembelajaran daring, kreativitas dalam menggunakan media pembelajaran daring dan kendala yang dihadapi serta penyelesaian guru dalam membentuk kreativitas
dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi.
Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi di MIS Jauharotul Mualimin Gayau Sakti Lampung Tengah dapat dikategorikan baik yaitu Guru memanfaatkan aplikasi-aplikasi media sosial seperti whatsapp dan youtube, guru
memberikan video tutorial pembelajaran yang diambil dari youtube kemudian link dikirimkan ke whatsapp group kelas. Guru telah memenuhi aspek-aspek kreativitas dalam menggunakan media pembelajaran yaitu kelancaran berfikir, keluwesan berfikir, elaborasi dan originalitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:45
Last Modified: 06 Feb 2023 06:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7205

Actions (login required)

View Item View Item