Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode FUN Learning Terhadap Hasil Belajar di SD Pertiwi Teladan Metro

Melina, Rachelia (2022) Pengaruh Penggunaan Metode FUN Learning Terhadap Hasil Belajar di SD Pertiwi Teladan Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Rachelia Melina PGMI - Komala Dewi Ratnasari.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan siswa kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Kondisi ini berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Berdasarkan fakta yang ada maka perlu dikembangkan metode pembelajaran yang dapat menjadikan siswa lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran yang akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dalam penelitian ini peneliti mencari bagaimana pengaruh dari penggunaan metode fun learning terhadap hasil belajar di SD Pertiwi Teladan Metro. Adapun tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode fun learning terhadap hasil belajar di SD Pertiwi Teladan Metro.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah siswa kelas V A dan V B SD Pertiwi Teladan Metro. Kelas V A sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan metode ceramah dan kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metode fun learning. Adapun teknik pengumpulan data penelitian yaitu dengan menggunakan tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan menggunakan soal esay.

Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh penggunaan metode fun learning terhadap hasil belajar di SD Pertiwi Teladan Metro. Hal ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikasi 0,05 maka diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 2,668 ≥ 1,677. Kemudian hasil post-test menunjukan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yang lebih
tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 80,2 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 75,4.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 06 Feb 2023 06:45
Last Modified: 06 Feb 2023 06:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7208

Actions (login required)

View Item View Item