Solehah, Yustin Yasri (2021) Penerapan Pembelajaran Tematik Secara Daring Pada Siswa Kelas V di MIQ Bahrul Ulum Mambaiyyah Krawangsari Natar Lampung Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI_Yustin Yasri Solehah_PGMI - Yustin Yasri S.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi beralihnya pembelajaran langsung ke pembelajaran online membuat beberapa siswa sulit memahami materi pembelajaran. Pendidik tidak dapat memberikan pelajaran secara langsung di sekolah karena adanya Covid-19 mengharuskan siswa belajar dari rumah yang dilaksanakan dengan metode daring. Penerapan metode daring pada pembelajaran tematik adalah menerapkan metode jarak jauh yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran Tematik secara daring pada siswa kelas V di MIQ Bahrul Ulum Mambaiyyah Krawangsari Natar Lampung Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek guru dan siswa kelas V, objek penelitian ini adalah pembelajaran daring pada mata pelajaran Tematik di kelas V. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode pembelajaran daring mata pelajaran Tematik di kelas V sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan konsistennya pendidik dalam memotivasi siswa selaku pendamping belajar peserta didik dalam melakukan aktivitas didalam WhatsApp group seperti memosting materi yang akan dipelajari, memberikan penjelasan tentang materi tersebut hingga pemberian tugas yang dikumpul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 06:45 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 06:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7209 |
Actions (login required)
View Item |