Nafsiah, . (2022) Pengembangan Booklet Digital Keanekaragaman Tumbuhan Obat di Desa Sumber Gede Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas X SMA. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI NAFSIAH - Nafsia-1.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet digital keanekaragaman tumbuhan obat berdasarkan hasil inventarisasi tumbuhan obat di Desa Sumber Gede; 2) untuk mengetahui kelayakan media booklet digital keanekaragaman tumbuhan obat; dan 3) untuk mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap booklet digital keanekaragaman tumbuhan obat. Media pembelajaran ini disusun sebagai media pembelajaran tambahan pada materi Keanekaragaman Hayati sub bahasan Pemanfaatan keanekaragaman hayati sebagai sumber obat-obatan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (Four-D Models) yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, dkk. Alur pengembangan model 4-D melalui beberapa tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dessiminate). Kelayakan media booklet digital dilakukan dengan melakukan uji validasi dan uji lapangan. Uji validasi dilakukan dengan validator ahli materi dan validator ahli media. Subjek uji lapangan merupakan siswa SMA Negeri 1 Batanghari kelas XI sebanyak 10 siswa. Hasil validasi booklet digital memperoleh persentase sebesar 90% dan termasuk kategori sangat baik. Hasil uji lapangan oleh peserta didik memperoleh persentase sebesar 89,75% dan hasil uji lapangan oleh guru memperoleh persentase sebesar 82% termasuk kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 06:43 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 06:43 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7213 |
Actions (login required)
View Item |