Husnaini, Wanda Afifah (2022) Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Iqra’ Pada Anak TPA Darul Hikmah Tanjung Inten Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Wanda Afifah Husnaini-1801010116 - wanda husnaini.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur‘an adalah suatu usaha yang dilakukan seorang pendidik untuk membuat anak belajar Al-Qur‘an, dalam proses pembelajaran memuat metode. Pemilihan metode sangat penting untuk dilakukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai harapan. TPA Darul Hikmah Tanjung Inten kecamatan Purbolinggo Lampung Timur menerapkan metode iqra‘ dalam pembelajaran membaca Al- Qur‘an. Metode ini dianggap dapat mempermudah ustadz/ustadzah untuk mengajarkan bacaan huruf hijaiyah hingga pada tahap membaca Al-Qur‘an yang baik pada santri. Metode iqra‘ adalah salah satu metode pembelajaran membaca Al-Qur‘an yang dilakukan tanpa dieja atau secara langsung. Dalam pembelajarannya metode ini menggunakan buku panduan yang terdiri dari 6 jilid. Metode ini dianggap sebagai metode yang cukup sederhana dan mudah untuk diterapkan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ―Bagaimana Implementasi Pembelajaran Al-Qur‘an Dengan Metode Iqra‘ Pada Anak TPA Darul Hikmah Tanjung Inten Kecamatan Purbolinggo Lampung Timur?‖. Jenis penelitian ini adalah (field research) dan bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Data primer
bersumber dari santri TPA Darul Hikmah dan guru TPA Darul Hikmah sedangkan untuk data skunder bersumber dari pimpinan TPA Darul Hikmah . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian implementasi pembelajaran Al-Qur‘an dengan metode iqra‘ dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‘an santri TPA Darul Hikmah. Pelaksanaanya dilakukan dengan menyimak satu persatu santri sehingga memudahkan ustadz/ustadzah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca santri kemudian akan dilampirkan pada buku prestasi yang dimiliki setiap santri. Selain itu pembelajaran metode iqra‘ dilakukan secara bertahap dari tahapan yang paling mudah seperti dari pengenalan huruf tunggal sampai pada tahapan yang sulit. Kemampuan santri juga dipengaruhi oleh
beberapa-berapa faktor seperti keinginan kuat yang dimiliki santri agar dapat membaca Al-Qur‘an dengan baik dan benar, dukungan orangtua untuk belajar mengaji di TPA dan teman sebaya yang dapat membuat santri untuk semangat dalam belajar mengaji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 06:44 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 06:44 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7214 |
Actions (login required)
View Item |