Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Social Capital Pemberdayaan Ekonomi Produk Organik Di Pasar Yosomulyo Pelangi Metro Pusat

Setiawan, Sukron (2022) Social Capital Pemberdayaan Ekonomi Produk Organik Di Pasar Yosomulyo Pelangi Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SUKRON SETIAWAN - 1602040157 - ESy.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Problem kesejahteraan masyarakat dan kualitas sumber daya manusia adalah masalah sosial yang sangat mendasar dan terus dikasi agar dapat ditemukan akar masalah serta solusinya. Upaya untuk mensejahterakan masyarakat melalui pemberdayaan serta penguatan modal sosial. Modal sosial adalah energi kolektif masyarakat. Gerakan kolektif yang sedang berlangsung salah satunya yaitu di Pasar Yosomulyo Pelangi yang bergerak dalam pemberdayaan perekonomian masyarakat salah satu cangkupannya yaitu produk organik.

Dalam penelitian ini, peneliti ingin menelaah tentang strategi modal sosial yang digunakan dalam pemberdayaan ekonomi produk organik yang ada di pasar yosomulyo pelangi. Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengumpulkan sumber-sumber data yang relavan dengan menggunakan metode wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif yang artinya suatu cara yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan ilmiah yang bersilangan dengan pengamatan terhadap hal-hal atau masalah yang sifatnya khusus, kemudian menuju kesimpulan yang sifatnya umum.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti menyajikan analisis data melalui penelitian lapangan bahwa stretegi yang digunakan dalam pemberdayaan ekonomi produk organik ialah strategi alternatif movement yang bertujuan mengubah suatu tindakan tertentu dari individu di masyarakat. Melalui alternatif movement penggerak, penggagas payungi dapat saling bertukar pemikiran lebih fokus dengan produsen produk organik. Para produsen menjadi lebih terbuka wawasannya tentang cara mereka untuk memasarkan produknya bukan hanya lewat sosial media namun juga mengkolaborasikan menjadi sebuah gerakan pemberdayaan ekonomi.

Kata kunci : Social Capital, Produk Organik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:17
Last Modified: 15 Mar 2023 02:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7232

Actions (login required)

View Item View Item