Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Keberlangsungan Usaha (Studi Kasus Jual Beli Pada Depot Air Minum Isi Ulang Di Desa Batangharjo Kecamatan Batanghari)

Alfadjri, Risky Mulia (2022) Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Keberlangsungan Usaha (Studi Kasus Jual Beli Pada Depot Air Minum Isi Ulang Di Desa Batangharjo Kecamatan Batanghari). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Risky Mulia Alfadjri - 1804041143 - ESy.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dan berpengaruh terhadap suatu bisnis atau usaha. Maka tidak heran jika suatu perusahaan melakukan berbagai macam strategi pemasaran agar dapat meningkatkan volume penjualannya. Supaya perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, maka perusahaan tersebut harus dapat mengantisipasi perkembangan ekonomi dengan melakukan strategi yang tepat agar tidak tersisih dengan persaingan. Gaya hidup sehat menempatkan air sebagai elemen yang penting dalam keseharian hidup kita. Namun, untuk memiliki tubuh bugar, tentunya tidak sembarangan air yang dapat dikonsumsi. Air yang aman dikonsumsi juga bebas bakteri. Kualitas air dapat ditinjau dari segi fisika, kimia, dan biologi, dan dapat ditemui di usaha depot air. Adapun permintaan air minum pada depot air minum isi ulang diminati oleh rumah tangga karena harganya yang relatif lebih murah, penggunaanya lebih praktis bila dibandingkan dengan air yang dimasak menggunakan kompor.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini mengumpulkan data dengan wawancara, dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Untuk Teknik analisis data menggunakan cara berpikir deduktif.

Dari penelitian yang dilakukan, memperoleh hasil bahwa strategi yang digunakan usaha depot air minum di desa Batangharjo dalam mempertahankan keberlangsungan usaha yaitu melakukan pemasaran secara baik dan sehat dengan melakukan perbaikan produk, promosi, tempat, harga, proses, SDM, dan bukti fisik yang tentunya diharapkan mampu meningkatkan pendapatan usaha agar mengalami keberlangsungan usaha.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Usaha Depot Air, Marketing Mix

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:17
Last Modified: 15 Mar 2023 02:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7233

Actions (login required)

View Item View Item