Wahyuni, Dwi (2022) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Manbaul Ulum. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI DWI WAHYUNI - 1701080007 - T. IPS.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Hasi l belajar merupaka n suatu kompetensi atau kecakapa n yang dapat dicapai ole h siswa setela h melalui kegiata n pembelajara n yang dirancang da n dilaksanaka n ole h guru di suatu sekola h da n kelas tertentu. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.
Kompetensi pedagogik menjadi suatu urgensi dalam pendidikan yang harus dimiliki guru, memehami peserta didik merupakan kunci hubungan harmonis guru dan murid, dan juga adanya pembelajaran perlu adanya perancangan untuk belajar, dengan adanya belajar perlulah di evaluasi hasil belajar.
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh kemampuan pedagogik guru terhadap hasil belajar IPS siswa di SMP Mambaul Ulum. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kemampuan pedagogik guru terhadap hasil belajar IPS siswa di SMP Mambaul Ulum.
Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat asosatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII A di SMP Manba’ul Ulum. Sampel dalam penelitian ini adalah 50% dari seluruh siswa kelas VIII A. Adapun teknik pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Chi Kuadrat.
Berdasarkan hasil hipotesis alternatif (Ha) dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian, ada pengaruh kemampuan pedagogik guru terhadap hasil belajar IPS siswa di SMP Mamba’ul Ulum. Hal tersebut dapat dilihat dari pengujian hipotesis dengan membandingkan harga chi kuadrat (x²) yang diperoleh dari perhitungan pada lembar lampiran, yaitu sebesar 18,4524. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 20 responden, dengan harga chi kuadrat (x²) pada tabel, dimana harga kuadrat tabel untuk db = 9, pada taraf signifikan 5% = 16,9190.
Dengan demikian, harga chi kuadrat (x²) lebih besar daripada harga chi kuadrta (x²) tabel, pada signifikan 5% atau 18,4524 > 16,9190. Kemudian dilanjutkan dengan rumus koefisien kontingensi dimana hasil perhitungan yang didapat yaitu harga C = 0,6927 dibandingkan dengan Cmaks = 0,8660. Sehingga diketahui bahwa pengaruh variabel X (kemampuan pedagogik guru) terhadap variabel Y (hasil belajar IPS) tergolong sangat kuat. Hasil perhitungan koefisien kontingensi dengan mengkuadratkan hasil perhitungan atau koefisien korelasi (r) sebesar 86,60%.
Kata Kunci : Kemampuan Pedagogik, Hasil Belajar IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 02:15 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 02:15 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7243 |
Actions (login required)
View Item |