Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Efficacy Kelas VII MTs Darul A’mal

Agustina, Reni (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Efficacy Kelas VII MTs Darul A’mal. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RENI AGUSTINA -1801040024 - TMTK.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung di MTS Darul A‟mal masih menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy pada siswa terhadap kempuan mengerjakan soal. Model TPS merupakan model pembelajaran yang cenderung menciptakan pembelajaran yang aktif dan mengaitkan kedalam kehidupan nyata, sehingga diharapkan dapat membangun motivasi yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy dalam menyelesaikan soal matematika berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan perbedaan pennerapan model Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy pada siswa kelas VII MTS Darul A‟mal.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di MTS Darul A‟mal. Sampel dalam penelitian ini yaitu 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu tes (posttest), dan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan pengujian instrument penelitian, pengujian prasyarat analisis serta uji hipotesis dengan menggunakan uji t.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig(2-tailed) 0,002 < 0,005, maka ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat berbedan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan diperoleh nilai sig(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat berbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap self efficacy siswa MTS Darul A‟mal Metro.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:16
Last Modified: 15 Mar 2023 02:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7247

Actions (login required)

View Item View Item