Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Tingkat Pendapatan Pedagang Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Pedagang di Wisata DAM Raman)

Syah, Jepri Firman (2022) Tingkat Pendapatan Pedagang Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Pedagang di Wisata DAM Raman). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI JEPRI FIRMAN SYAH - 1602100038 - PBS.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Pendapatan sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari manusia mencari pendapatan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dari sebagian pendapatan yang didapat oleh masyarakat dapat disishkan untuk ditabung. Menabung adalah tindakan yang dianjurkan oleh Islam, karena dengan menabung berarti seorang Muslim mempersiapkan diri untuk pelaksanaan perencanaan masa yang akan datang sekaligus untuk menghadapi hal-hal yang tidak diingikan. Kegiatan menabung sangat dianjurkan dari semua lapisan masyarakat, tidak terkecuali masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang. Ketika individu cenderung memilih menabung di salah satu bank maka individu sudah berminat untuk menjadi nasabah dari bank itu.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan pedagang di wisata DAM Raman terhadap minat menabung di Bank Syariah.. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendapatan pedagang di Obyek Wisata DAM Raman berbeda-beda, namun semua pedagang mengaku profit yang didapat per bulannya lebih dari 3 juta. Dari pendapatan yang didapat, sebagiannya disisakan untuk ditabung. Pedagang di Obyek Wisata DAM Raman semuanya memiliki minat untuk menabung. Namun kegiatan menabung yang dilakukan banyak yang tidak menggunakan jasa bank. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat pedagang untuk menabung maupun tidak menabung di bank syariah dibagi menjadi beberapa faktor, yaitu faktor keyakinan, agama, manfaat, motivasi, pelayanan, dan lokasi. Namun faktor yang paling dominan adalah faktor motivasi. Faktor motivasi dari pedagang yang menabung di bank syariah yaitu karena menghindari riba. Kemudian bagi pedagang yang tidak menabung di bank syariah, motivasinya yaitu terhindar dari biaya administrasi bulanan dan uang tabungan dapat digunakan kapan saja.

Kata Kunci: Pendapatan, Pedagang, Minat Menabung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:06
Last Modified: 15 Mar 2023 02:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7252

Actions (login required)

View Item View Item