Sabilla, Annisa Zal (2022) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 4 Labuhan Maringgai Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ANNISA ZAL SABILLA - 1801011017 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia bergerak hatinya untuk bertindak melakukan suatu sehingga dalam mencapai hasil atau tujuan tertentu. Motivasi adalah dorongan yang timbul dalam diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan yang menghasilkan perubahan prilaku, sehingga mampu melakukan hal hal yang tidak dapat dilakukan sebelumnya. Motivasi muncul dalam diri individu sebagai suatu kekuatan untuk mendorong tercapainya tujuan. Oleh karena itu keterampilan mengajar guru saat kegiatan pembelajaran yang baik akan meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa memiliki antusias atau minat yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil prasurvey yang penulis lakukan dapat di kemukakan bahwa masih terdapat kesenjangan dalam proses pembelajaran yang terjadi, hal ini dapat terlihat dari beberapa siswa motivasi belajarnya kurang. Adapun rumusan masalah yang dapat penulis ajukan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PAI terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 4 Labuhan Maringgai Lampung Timur?”.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 4 Labuhan Maringgai Lampung Timur.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh informasi/data dari responden, jenis angket yang digunakan adalah angket tertutup yaitu angket yang jawabannya sudah disediakan. Metode angket digunakan untuk memperoleh data variabel X dengan 15 item pertanyaan dan 15 item pertanyaan pula untuk memperoleh data variabel Y. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 4 Labuhan Maringgai”. Adapun populasi pada penelitian ini berjumlah 70 siswa dari kelas 3,4 dan 5, sedangkan sampel pada penelitian ini berpedoman pada jika populasi kurang dari 100 maka diambil semua.
Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data dengan rumus korelasi Product Moment yang berhasil dikumpulkan, maka dalam penelitian ini ditunjukkan nilai rhitung sebesar -0,057. Dapat diketahui bahwa rhitung sebesar - vii 0,057dan rtabel sebesar 0,235 dengan taraf signifikan 5%, artinya rhitung < rtabel (lebih kecil, maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan (Ho) diterima. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 4 Labuhan Maringgai Lampung Timur.
Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Dan Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 02:14 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 02:14 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7259 |
Actions (login required)
View Item |