Dicky, Muhamat (2022) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Karya Bhakti Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI MUHAMAT DICKY - 1801011093 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Strategi pembelajaran yaitu sebuah perencenaan yang disengaja berisikan serangkaian kegiatan pembelajaran yang di rancang secara khusus baik metode atupun pemanfaatanya untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Oleh Karena itu, untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan dalam proses pembelajaran. Guru diharapakan mampu membuat strategi yang efektif dan kreatif agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa tidak mudah bosan ketika mengikuti kegiatan pembelajaran.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Strategi Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Pasca Masa Pandemi di SMP Karya Bhakti Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan.” Dan “Apa Saja Faktor Penghambat Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Masa Pandemi di SMP Karya Bhakti Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan.”
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaiamana “Strategi Guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Pasca Masa Pandemi di SMP Karya Bhakti Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan.”
Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti di lokasi menemukan bahwa keberhasilan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa masih perlu ditingkatkan lagi. Karena ketika proses kegiatan pembelajaran kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam pada proses kegiatan pembelajaran pasca pandemi ini yaitu masih banyak siswa yang terbiasa dengan pembelajaran Daring (Dalam jaringan), sehingga siswa terbiasa mengerjakan tugas dengan mencari jawaban menggunakan handphone.
Dalam kegiatan pembelajaran guru pendidikan agama Islam mengunakan beberapa strategi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas yaitu dengan memberikan pujian kepada siswa yang sudah menyelesaikan tugas dengan baik, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Selain itu guru pendidikan agama Islam juga menggunakan metode pengajaran ceramah dan demonstrasi untuk menyiasati kegiatan pembelajaran siswa di kelas supaya tidak mudah bosan.
Kata Kunci : Strategi Guru, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 02:14 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 02:14 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7261 |
Actions (login required)
View Item |