Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektivitas Media Sosial Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Pada Masyarakat Kelurahan Mulyojati Kecamatan Metro Barat

Kusumawati, Annisa (2022) Efektivitas Media Sosial Dalam Menyampaikan Pesan Dakwah Pada Masyarakat Kelurahan Mulyojati Kecamatan Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ANNISA KUSUMAWATI - 1803062017 - KPI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Media sosial merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang sedang berkembang dengan pesat. Seperti Instagram dan WhatsApp yang saat ini banyak dimiliki oleh masyarakat Kelurahan Mulyojati khususnya para remaja. Mereka menggunakan Instagram dan WhatsApp sebagai media untuk komunikasi, untuk mencari dan mendapatkan informasi dan juga untuk menyebarkan atau menyampaikan pesan-pesan dakwah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas media sosial dalam menyampaikan pesan dakwah pada masyarakat Kelurahan Mulyojati Kecamatan Metro Barat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (Fieldresearch) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif yakni mengumpulkan data menelaah seluruh data hasil wawancara, pengamatan dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, gambar foto. Lalu melakukan reduksi data kemudia melakukan abstrak.

Macam-macam efek dari hasil penelitian dalam proses penyampaian pesan dakwah yakni, Pertama Efek Kognitif, pesan dakwah yang disebarkan atau disampaikan melalui Instagram dan WhatsApp dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi masyarakat. Kedua Efek Afektif, yakni hanya beberapa masyarakat yang menerapkan isi dari pesan dakwah dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga Efek Behavorial yakni hanya sebagian kecil dari masyarakat yang setelah mengamati isi pesan dakwah kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari hingga mengamalkan ke lainnya.

Penyampaian pesan dakwah melalui media sosial pada masyarakat Kelurahan Mulyojati kurang efektif. Karena dari ketiga efek dalam proses penyampaian pesan dakwah hanya efek kognitif yang banyak dilakukan oleh masyarakat khususnya para remaja. Kebanyakan dari masyarakat Kelurahan Mulyojati khususnya para remaja menggunakan Instagram dan WhatsApp untuk mencari dan menyebarkan informasi-informasi yang terkait dengan pesan dakwah Islam. Mereka mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan yang luas. Namun tidak semua dari mereka yang menerapkan isi dari pesan dakwah dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi ada sebagian juga yang menerapkannya walaupun tidak dilakukan setiap hari namun mereka selalu berusaha untuk melaksanakannya.

Kata Kunci: Efektivitas, Media Sosial, dan Pesan Dakwah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:01
Last Modified: 15 Mar 2023 02:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7272

Actions (login required)

View Item View Item