Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kinerja Pelayanan Publik Dalam Pembuatan KTP Elektronik (E-KTP) Di Kecamatan Raman Utara

Anwar, M Khoirul (2023) Kinerja Pelayanan Publik Dalam Pembuatan KTP Elektronik (E-KTP) Di Kecamatan Raman Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI M Khoirul Anwar - 1702010011 - HTN.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penyelenggara pelayanan publik, baik yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Pelayanan untuk setiap jenis pelayanan sebagai tolak ukur dalam penyelenggaraan pelayanan di lingkungan masing masing. Salah satu kebijakan penting dan fundamental dalam bidang administrasi kependudukan adalah pelayanan publik dalam pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). Namun dari hasil pra survey juga diketahui bahwa alasan lamanya pembuatan E-KTP dikarenakan menunggu warga yang lain untuk dibawa ke Discapil Kabupaten Lampung Timur, sehingga prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sesuai dengan judul yang peneliti angkat, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data ada dua yaitu primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yaitu, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode induktif. Teknik yang digunakan untuk menetukan keabsahan data dalam penelitian ini yaitu: triangulasi sumber.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: Dimensi tangible kualitas pelayanan E-KTP di Kecamatan Raman Utara belum optimal dengan indikator Kenyamanan tempat pada kantor Kecamatan Raman Utara pada pelayanan E-KTP pada ruangan belum begitu rapi dan kurangnya fasilitas pendukung kenyamanan dan kemudahan pelayanan E-KTP. Dimensi Reliability pada pelayanan E-KTP di kantor Kecamatan Raman Utara belum optimal karena Keahlian pegawai dalam menggunakan alat bantu dalam proses pelayanan E-KTP belum optimal dimana mereka masih membutuhkan orang lain ketika terjadi kesalahan system di teknoogi yang digunakan. Dimensi Responsiviness pada pelayanan E-KTP di Kecamatan Raman Utara belum optimal, dengan indikator kecepatan dan ketepatan pegawai melakukan pelayanan E-KTP dikantor Kecamatan Raman Utara belum optimal. Dimensi Assurance pada pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Raman Utara belum optimal dengan indikator Petugas pelayanan E-KTP. Dimensi Emphaty pada Pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Raman Utara sudah optimal, hal ini terlihat dari pelayanan E KTP di Kecamatan Raman Utara dalam hal mendahulukan kepentingan masyarakat sudah optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Hukum Tata Negara Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:25
Last Modified: 26 Jul 2023 01:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7278

Actions (login required)

View Item View Item