Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Komunikasi Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Ustadz Hanan Attaki

Zubaidah, . (2022) Strategi Komunikasi Dakwah Ustadz Abdul Somad Dan Ustadz Hanan Attaki. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Zubaidah - 1803060029 - KPI.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang terus menerus mengalami suatu perubahan terlebih pada teknologi yang ada saat ini, teknologi yang canggih membuat para da‟i mampu mengembangkan dakwah melalui media sosial (Youtube). Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Hanan Attaki merupakan pendakwah yang mengembangkan dakwah tidak hanya mengadakan kajian-kajian saja, akan tetapi ia menyampaikan dakwah melalui Youtube. Penyampaian dakwah Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Hanan Attaki memiliki strategi komunikasi dakwah masing-masing yang dapat membuat masyarakat mengagumi dan menyukai dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi dakwah yang digunakan Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Hanan Attaki serta mengetahui perbedaan dan persamaan keduanya di youtube channel masing masing ustadz.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode dokumentasi, wawancara dan observasi dan dua jenis data, yakni data primer dan data sekunder. Data primer di peroleh dari satu video dakwah yang ada di channel youtube Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Hanan Attaki. Sedangkan data sekunder diperoleh dari tulisan-tulisan yang berkaitan dengan strategi komunikasi dakwah kedua ustadz tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian, Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Hanan Attaki menyampaikan dakwah sesuai dengan Al-Qur‟an dan Hadist. Keduanya menggunakan strategi komunikasi dakwah masing-masing. Dalam berdakwah di media sosial youtube Ustadz Abdul Somad lebih banyak menggunakan humor lucu dan tegas, sedangkan Ustadz Hanan Attaki dengan bahasa anak-anak milenial dan lemah lembut. Adapun strategi yang digunakan oleh kedua ustadz tersebut yaitu: Identifikasi Target Khalayak, Membangun Kekuatan Komunikator, Memilih Media dan Saluran Komunikasi, Menyusun Pesan, Ukur Keberhasilan yang Dicapai. Strategi berdakwah yang digunakan keduanya memiliki persamaan Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Hanan Attaki sama-sama menggunakan media youtube dan ukuran keberhasilan yang dicapai (efek). Untuk perbedaan nya terletak pada identifikasi target khalayak, kekuatan komunikator, isi pesan. Tentunya dari strategi yang mereka gunakan memiliki daya tarik masing-masing, sehingga dakwah yang disampaikan mudah diterima oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:00
Last Modified: 15 Mar 2023 02:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7295

Actions (login required)

View Item View Item