Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Talaqqi Pada Siswa Dalam Menghafal Al-Qur’an Di SDIT Al-Furqon Kota Gajah Lampung Tengah

Amanah, Alfina Mustaufiqotun (2022) Penerapan Metode Talaqqi Pada Siswa Dalam Menghafal Al-Qur’an Di SDIT Al-Furqon Kota Gajah Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ALFINA MUSTAUFIQOTUN AMANAH - 1701010195 - PAI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Menghafal Al-Qur’an adalah proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an. Menghafal Al-Qur’an merupakan tugas dan tanggung jawab yang sangat mulia, setiap orang pasti bisa menghafal akan tetapi tidak semua orang bisa menghafal dengan baik. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an, termasuk penggunaan metode. Diperlukan suatu metode yang tepat dalam menghafal Al-Qur’an, salah satunya adalah metode Talaqqi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) penerapan metode Talaqqi pada siswa dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Furqon Kota Gajah Lampung Tengah, 2) faktor pendukung penerapan metode Talaqqi pada siswa dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Furqon Kota Gajah Lampung Tengah, 3) faktor penghambat penerapan metode Talaqqi pada siswa dalam menghafal Al-qur‟an di SDIT Al-Furqon Kota Gajah Lampung Tengah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya untuk memudahkan penganalisaan data, peneliti awalnya mereduksi data, kemudian menyajikan data, dan yang terakhir adalah membuat kesimpulan.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Furqon Kota Gajah telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang sudah bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan baik, fasih dalam pengucapan makhrojul hurufnya dan tepat penerapan kaidah tajwidnya. Adapun langkah-langkah yang digunakan; pertama guru memanggil nama siswa, siswa menghadap guru kemudian membacakan hafalannya dihadapan guru. Faktor pendukung dalam penerapan metode Talaqqi antara lain; adanya guru yang berkompeten di bidangnya, adanya motivasi yang kuat dari guru dan orangtua, serta lingkungan yang nyaman atau suasana kelas yang kondusif. Faktor penghamabat dalam penerapan metode Talaqqi antara lain; banyaknya aktifitas yang membuat tidak fokus dalam menghafal Al-Qur’an seperti banyaknya tugas dan banyak bermain dengan teman, serta perbedaan setiap individu dalam mengingat hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:48
Last Modified: 14 Mar 2023 01:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7312

Actions (login required)

View Item View Item