Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Problematika Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Negeri 1 Raman Utara

Putri, Alfina Tiara (2022) Analisis Problematika Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMA Negeri 1 Raman Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Alfina Tiara Putri - 1701010196 - PAI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Peran Pendidikan Agama Islam dapat memberikan sebuah kontribusi terhadap terbangunnnya fondasi nilai-nilai yang kuat, terutama pada usia yang masih remaja yang dilihat baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Dalam mewujudkan suatu peran utama Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan strategi-strategi dan metode-metode dalam menyampaikan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar terciptanya suatu pembelajaran yang sangat baik. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan langkah-langkah dalam sebuah pembelajaran seperti hal nya strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga dapat menghasilkan para peserta didik yang memiliki fondasi kuat dalam nilai-nilai keimanan yang kokoh serta berilmu pengetahuan dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Raman Utara, problematika apa saja yang ada pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Raman Utara, faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, serta langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam tsb.

Jenis penelitian ini adalah Field Reasearch yaitu penelitian yang mengharuskan peneliti berangkat ke “lapangan” untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data adalah wawanara (interview), pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Problematika yang ada dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu minimnya kompetensi guru dalam menggunakan metode maupun strategi pada proses pembelajaran sehingga kurang maksimalnya pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang ada di SMA Negeri 1 Raman Utara; (2) Faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam; (3) Solusi yang dilakukan oleh guru dalam pemecahan masalah problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan kebijakan, faktor pendorong serta solusi dari pihak sekolah serta adanya kerja sama antar kepala sekolah dengan guru untuk memenuhi hasil pembelajaran yang maksimal bagi peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:48
Last Modified: 14 Mar 2023 01:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7313

Actions (login required)

View Item View Item