Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelompok Bermain Ummul Quro Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah

Mesiyana, . (2022) Penggunaan Metode Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelompok Bermain Ummul Quro Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI MESIYANA - 1601030063 - PIAUD.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang peneliti temui di kelompok bermain ummul kecamatan trimurjo kabupaten lampung tengah adalah anak kurang disiplin contohnya datang tidak tepat waktu dan ketika waktu akan dimulai proses pembelajaran anak masih banyak yang bermain di luar dan ketika ada pekerjaan rumah anak tidak mengerjakan. Masih banyak anak kurang religius contohnya masih banyak anak yang tidak mengucapkan salam ketika masuk kelas.

Masih banyak anak yang tidak bersikap jujur contohnya ketika anak menemukan barang temannya ia tidak mengembalikan barang tersebut. masih banyak anak yang tidak bersikap sopan santun kepada orang yang lebih tua darinya contoh anak berkata kasar kepada orangtua, guru, dan teman. Indikator yang akan dinilai adalah religius, disiplin, jujur dan komunikatif.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan menggunakan 2 siklus penelitian dan dua kali pertemuan dalam siklus. Berdasarkan hasil perkembangan karakter anak usia 4-5 tahun pada siklus 1 pertemuan kedua . karakter yang dinilai adalah karakter religius contohnya anak mengucapkan salam mencapai 35,75%. Karakter jujur contohnya anak mengembalikan barang yang bukan miliknya mencapai 42,85%. Karakter komunikatif contohnya anak besikap sopan santun kepada orang lain mencapai 50%. Dan karakter disipin pada anak contohnya datang tepat waktu mencapai 42,85%.

Berdasarkan hasil perkembangan karakter anak usia 4-5 tahun pada siklus II pertemuan kedua . karakter yang dinilai adalah karakter religius contohnya anak mengucapkan salam mencapai 57,14%. karakter jujur contohnya anak mengembalikan barang yang bukan miliknya mencapai 64,28%. Karakter komunikatif contohnya anak besikap sopan santun kepada orang lain mencapai 71,42%. Dan karakter disipin pada anak contohnya datang tepat waktu mencapai 78,57%.Kesimpulannya anak dikatakan berkembang sesuai harapan jika perkembangan karakter anak mencapai 78,57%

Kata kunci: Metode Pembiasaan, Nilai karakter dan faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:49
Last Modified: 14 Mar 2023 01:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7321

Actions (login required)

View Item View Item