Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN 01 Pujodadi Tahun Pelajaran 2018/2019

Meliyana, Riki (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik Mata Pelajaran PAI Kelas V SDN 01 Pujodadi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
RIKI MELIYANA.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang dialami dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V yaitu tujuan pembelajaran yang belum tercapai. Hal ini disebabkan oleh kurang dikemasnya proses pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga mengakibatkan siswa merasa jenuh dan bosan dengan suasana pembelajaran yang seperti itu saja. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk antusias mengikuti pelajaran yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 73.

Rumusan masalah pada skripsi ini adalah Berdasarkan latar belakang masalah, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut apakah metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PAI kelas V di SDN 01 Tempuran Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019?Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PAI kelas V di SDN 1 Pujodadi.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan.Subjek penelitian siswa kelas V SDN 1 Pujodadi, sebanyak 15 siswa. Teknikanalisis data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, tes dan dokumentasi.Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran dengan penggunaan metode pembelajaran Cooperative learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 1 Pujodadi Pusat Tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mencapai KKM 73 pada siklus I sebesar 47% meningkat menjadi 87% pada siklus II hal ini mengalami peningkatan sebesar 40% dengan demikian hasil tersebut telah memenuhi target yang ditetapkan oleh peneliti sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 01:39
Last Modified: 13 Jan 2020 01:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item