Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA N 1 Way Pengubuan Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Mayrani, Vina (2018) Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA N 1 Way Pengubuan Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi Vina Mayrani.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat adalah suatu kecenderungan untuk memperhatikan secara terus menerus, yang berfungsi sebagai kekuatan yang akan mendorong seseoranguntuk belajar. Siswa yang berminat kepada pelajaran akan tampak terdorong terus untuk tekun belajar. Peran minat adalah untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Jika peserta didik mempunyai minat yang tinggi maka tingkat prestasi belajar mereka tinggi pula.

Prestasi belajar merupakan bukti dari usaha yang telah dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar dan merupakan nilai yang diperoleh siswa dari proses pembelajaran yang telah ditempuh. Dimana penilaian tersebut bertujuan melihat kemajuan belajar peserta didik dalam hal penguasaan materi pengajaran yang telah dipelajarinya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Guna mencari kebenarannya maka peneliti buktikan melalui penelitian.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XI di SMA N 1 Way Pengubuan Lampung Tengah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar Pendidikan Agama Islam, mengetahui prestasibelajar Pendidikan Agama Islam, dan mengetahui adanya hubungan minat belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMA N 1 Way Pengubuan Lampung Tengah.

Hipotesis penelitian dalam penelitian ini adalah “Ada hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA N 1 Way Pengubuan Lampung Tengah”Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif, populasinya ada112peserta didik, penulismengambil sampel sebesar 25% dari 112orang siswa sehingga sampel yang di ambil 28 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.

Berdasarkan analisis, data yang diperoleh menggunakan perhitungan Korelasi Product Momentdidapatkan harga Korelasi Product Moment (????????????)= 0,602 sedangkan harga ????????????????????????0,388 pada tabel dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tersebut maka Korelasi Product Moment (????????????)lebih besar daripada harga ????????????????????????maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan ada hubungan minat belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI IPA 1 di SMA N 1 Way Pengubuan Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Jan 2020 01:23
Last Modified: 13 Jan 2020 01:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/740

Actions (login required)

View Item View Item