Maisaroh, Uhti (2018) Pengaruh Faktor Lokasi dan Harga Terhadap Minat Konsumen (Studi Kasus Multi Mart Batanghari Kab. Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
UHTI MAISAROH.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Multi Mart Batanghari merupakan salah satuMini Market yang menyediakan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari masyarakat selain kebutukan pokok (kebutuhan konsumsi) dalam satu tempat. Dengan adanya Multi Mart ini sangat memudahkan konsumen dalam mendapatkan produk-produkyang diinginkantanpa harus mencari diberbagai tempat perbelanjaan lain.Konsumen dapat memilih barang atau produk sesuai kebutuhan dan keinginannya. Konsumen diberi kebebasan untuk memilih sendiri apa-apa saja yang diinginkan. Upaya yang harus dilakukan dalam mengembangkan bisnis MultiMart ini dengan adanya persaingan yang ketat, merumuskan kebutuhan dan keinginan konsumen sangat penting diketahui oleh suatu perusahaan apalagi dalam lokasi pendirian usaha, produk dan harga juga sangat memengaruhi minat konsumen. Dalam perumusan ini tidak sekedar untuk menyenangkan hati para konsumen akan tetapi lebih dari itu, yaitu mampu memberikan fasilitas untuk pemecahan masalah yang dihadapi oleh para konsumen. Banyak faktor yang mempengaruhi kesiapan suatu perusahaan dalam mengahadapi persaingan dengan perusahaan lain baik dalam maupun luar negeri, yaitu faktor lokasi dan harga .Penalitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengaruh faktor lokasi dan harga terhadap minat konsumen. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat korelasi kuantitatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan metode wawancara, angket, dan dokumentasi. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk memperkaya khazanah, keilmuan sertawawasan tentang pengaruh faktor lokasi dan harga terhadap minat konsumen.
Berdasarkan hasil penelitian mengenaipengaruh faktor lokasi dan harga dapat disimpulkan bahwasannyapemilihan lokasi dan penetapan harga sangat berpengaruh terhadap minat konsumen hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil output Symmetric Measures dapat diketahui bahwa nilai koefisien kontingensi faktor lokasi : 0, 197, harga : 0, 425, dan minat belanja konsumen : 0, 157. Kriteria hubungan antar variabel adalah bahwasannya tidak ada perbedaan penilaian yang berarti antara konsumen pria dan wanita dalam menilai lokasi dan harga. Karena dari ketiga nilai tersebut tidak ada yang mendekati nilai 1 maka berarti hubungan yang terjadi tidak begitu kuat. Hal ini dapat dikatakan bahwa antara variabel lokasi, harga dan minat konsumen dengan jenis kelamin tak memiliki hubungan yang begitu kuat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 04:11 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 04:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/750 |
Actions (login required)
View Item |