Faqikhudin, Ahmad (2022) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kepribadian Dan Metode Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Wahid Hasyim Pekalongan Lampung Timur. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
PDF
Tesis Ahmad Faqikhudin.ok.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan siswa di dalam, di luar sekolah, keluarga dan Masyarakat, Minat belajar harus mempunyai dukungan dan support agar dapat mempengaruhi terhadap aktifitas belajar seorang peserta didik. Peserta didik yang mempunyai minat belajar yang tinggi mak akan menunjukkan prestasi belajar yang baik, seorang guru bukan hanya berperan sebagai fasilitator dan mediator, akan tetapi juga dituntut untuk dapat mampu mempunyai proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Apakah ada pengaruh Persepsi Peserta didik tentang kepribadian Guru terhadap minat belajar Peserta didik SMK Wahid Hasyim Pekalongan, 2) Apakah ada pengaruh Metode Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar Peserta didik SMK Wahid Hasyim Pekalongan, 3) Apakah ada pengaruh Persepsi Peserta didik tentang kepribadian Guru dalam menggunakan Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar Peserta didik SMK Wahid Hasyim Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode Korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Wahid Hasyim Pekalongan berjumlah 31 Peserta didik. Pengumpulanm data dilakukan dengan melaui Kuisioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana dan analisa regresi ganda. Hasil penelitian yang telah dilakukan 1) Ada pengaruh Persepsi Peserta didik tentang kepribadian Guru dengan minat belajar. Nilai Koefisien Variabel sebesar 0,327 dengan thitung = 1,952, dibanding dengan nilai ttabel = 1,697. Maka thitung ≥ ttabel dengan nilai 1,952 ≥ 1,697, 2) Ada pengaruh metode pembelajaran guru. Nilai Koefisien variable 0,405 dengan thitung = 1,840, 3) Hasil analisa data yang telah dilakukan dengan menggunakan rumus regresi linier ganda menghasilkan model persamaan regresi y=75,070 + 0,327X1 + 0,405 X2, menun jukkan bahwa nulai fhitung =3,499 dengan Sig =0,061. 5% derajat bebas ( v1=2 dan v2=28) diperoleh nilai ftabel=3,36. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh persepsi Peserta didik tentang kepribadian dan Metode pembelajara guru terhadap minat belajar Peserta didik. Saran untuk penelitian selanjutanya adalah lebih baik lagi dalam menjaga kepribadian Guru dan pemanfaatan metode pembelajaran bisa lebih dimaksimalkan.
Kata Kunci : Persepsi Peserta didik, Kepribadian dan Metode Pembelajara, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 08 May 2023 02:14 |
Last Modified: | 08 May 2023 02:14 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7521 |
Actions (login required)
View Item |