Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Kelas XI MAN 1 Lampung Timur

Maryanah, Sila (2022) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Kelas XI MAN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SILA MARYANAH - Shilae shila(1).pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran dari guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa di MAN 1 Lampung Timur. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa masalah di sekolah tersebut yaitu kurangnya basic manners atau akhlak baik pada siswa kelas XI yang sudah diamati ketika prasurvey. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk meneliti hal tersebut yang fokusnya kepada peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa, yang dimana dari peran tersebut diharapkan ada peningkatan akhlak baik pada siswa yang dibina. Pertanyaan penelitian yang dibidik yaitu peran guru, faktor pendukung serta faktor penghambatnya dalam membina akhlak siswa kelas XI. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran-peran apa saja dan faktor faktornya apa saja yang akan terjawab pada pertanyaan penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan. Sumber dari penelitian ini adalah guru akidah akhlak dan beberapa siswa kelas XI itu sendiri. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, melalui analasis dan penarikan kesimpulan.

Kesimpulan dari penilitan ini adalah Peran guru akidah akhlak dalam membina akhlak siswa kelas XI MAN 1 Lampung Timur bahwasanya guru akidah akhlak telah mampu melaksanakan perannya dengan baik. Contohnya, menunjukan sikap sabar ketika mengajar di kelas, ramah terhadap siswanya menyapa di dalam maupun di luar sekolah, senang berbagi makanan, supel, tegas ketika waktunya serius, dan membimbing siswa yang kesulitan dalam mengerjakan tugas. Faktor pendukung yang membantu yaitu motivasi dari diri siswa itu sendiri (internal), kemudian keluarga inti (orang tua) maupun keluarga besar (eksternal), dan yang terakhir lingkungan yang positif tempat siswa tersebut berinteraksi. Faktor penghambat yang mengganggu yaitu teman sebaya atau teman sepermainan yang kesehariannya tidak baik seperti mengajak bolos bersama, gaya bahasa yang kasar, memilih-milih teman, dan tidak disiplin. Kemudian media massa baik elektronik maupun non elektronik yang mengandung konten-konten sara, selain itu siswa yang tidak terkontrol ketika menggunakan smartphone hingga lupa waktu.

Kata kunci: Peran Guru, akhlak siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 May 2023 03:20
Last Modified: 08 May 2023 03:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7527

Actions (login required)

View Item View Item