Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Cashless Society Terhadap Perilaku Konsumen Perspektif Etika Konsumsi Islam (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro Angkatan 2019)

Septiana, . (2023) Cashless Society Terhadap Perilaku Konsumen Perspektif Etika Konsumsi Islam (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Metro Angkatan 2019). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SEPTIANA - 1903010062 - ESY.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan financial technology (fintech) memunculkan inovasi baru untuk memaksimalkan penggunaan alat pembayaran non tunai sehingga nantinya tercipta cashless society. E-wallet memudahkan mahasiswa dalam setiap kegiatannya banyak keunggulan yang ditawarkan akhirnya mempengaruhi perilaku konsumen mahasiswa, juga dikhawatirkan terdorongnya transaksi yang tidak terencana sehingga mahasiswa kurang sadar akan pengeluaran yang dilakukan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perilaku konsumen mahasiswa ekonomi syariah IAIN Metro angkatan 2019 dalam bertransaksi cashless menggunakan e-wallet dan perilaku konsumen mahasiswa ekonomi syariah IAIN Metro angkatan 2019 dalam bertransaksi cashless menggunakan e-wallet perspektif etika konsumsi Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini mahasiswa ekonomi syariah IAIN Metro angkatan 2019 yang sudah menggunakan e-wallet. Pengambilan sampel menggunakan snowball sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan analisis data dengan teknik induktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini yaitu dalam proses perilaku konsumen mahasiswa ekonomi syariah IAIN Metro angkatan 2019 dalam bertransaksi cashless menggunakan e-wallet, yaitu: 1) pengenalan masalah (fleksibel dan kemudahan), 2) sumber pencarian informasi (sumber pribadi: teman dan sumber komersil: iklan di media sosial dan youtube), 3) keputusan penggunaan (terkoneksi banyak e commerce, biaya admin murah, e-wallet yang dipilih: DANA, Spaylater, Shopeepay, OVO, Gopay dan Seabank), 4) pasca penggunaan (tingkat kepuasan dari manfaat fitur dan penggunaan ulang). Perilaku konsumen dalam bertransaksi cashless menggunakan e-wallet dilihat dari etika konsumsi Islam belum maksimal. 3 dari 7 informan merasa cenderung boros konsumen tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengambil keputusan dalam melakukan transaksi dengan e-wallet sehingga membentuk sikap berbelanja tanpa memikirkan akibat atau impulsif, kebanyakan informan tertarik untuk membeli produk saat ada promo sehingga menjadi konsumtif serta gaya hidup yang dimiliki informan cukup tinggi dan selalu mengikuti trend, manfaat penggunaan e-wallet belum sepenuhnya mendominasi terciptanya cashless society sebab e wallet masih menjadi opsi pembayaran pendukung dalam berkonsumsi.

Kata Kunci : Cashless Society, Perilaku Konsumen, Etika Konsumsi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:19
Last Modified: 12 Jul 2023 02:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7543

Actions (login required)

View Item View Item