Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SDN 1 Rulung Helok

Sari, Putri Sekar (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SDN 1 Rulung Helok. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PUTRI SEKAR SARI - 1901031051 - PGMI.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan matematika menjadi topik yang senantiasa sering dibahas dalam penelitian. Bagaimana tidak, matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan oleh sebagian besar siswa dan orang tua. Bahkan banyak penelitian yang membahas akan rendahnya hasil belajar dan minat siswa terhadap mata pelajaran matematika. Permasalahan akan rendahnya hasil belajar matematika juga terjadi dikelas V SDN 1 Rulung Helok. Rendahnya hasil belajar matematika ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti siswa menganggap bahwa matematika ialah mata pelajaran yang sulit dan tidak menyenangkan, siswa merasa sulit dalam mengerjakan soal cerita dan beberapa faktor lain. Selama ini model pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah model pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Rulung Helok.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen tipe Quasi Eksperimen Design Pretest Posttest dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Rulung Helok yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dengan uji hipotesis menggunakan uji T berpasangan (paired sample t-test) dan uji T saling bebas (independent sample t-test). Untuk melihat efektivitas dari penggunaan model tersebut menggunakan uji N-Gain.

Berdasarkan hasil analisis data pertama uji T berpasangan diperoleh nilai Thitung = 28,233 > Ttabel = 2,018 dengan nilai signifikasi 0,000, maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa. Kedua uji T saling bebas diperoleh nilai Thitung = 12,904 >Ttabel = 0,686 dengan nilai signifikasi 0,000. Sehingga Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Adapun hasil uji N-Gain diperoleh nilai 0,76 atau 75,50% yang menunjukkan efektivitas dari penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berada pada kategori “tinggi” atau “efektif”.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:17
Last Modified: 14 Jun 2023 06:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7563

Actions (login required)

View Item View Item