Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN 1 Sukoharjo

Imeilda, Yossy (2023) Penerapan Model Pembelajaran Examples Non Examples untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN 1 Sukoharjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI_YOSSY IMEILDA 1901031068 - Yossy Imeilda.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa merupakan salah satu permasalahan yang penting untuk diselesaikan saat ini. Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan menciptakan sesuatu yang baru, atau kemampuan menempatkan dan mengkombinasikan sejumlah objek secara berbeda yang berasal dari pemikiran manusia yang bersifat dapat dimengerti, berdaya guna dan inovatif dengan berbagai macam faktor faktor yang dapat mempengaruhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran examples non examples.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer yaitu guru kelas IV. Pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus selama 6 kali pertemuan setiap siklus memiliki tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Sukoharjo berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan temuan penelitian ini bahwa: Pembelajaran dengan
penggunaan model examples non examples dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di SDN 1 Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa yang mencapai KKM 70 pada siklus I
dengan nilai rata-rata sebesar 53,65 meningkat menjadi 71,30, pada sisklus II hal ini mengalami peningkatan sebesar 87,30 dengan demikian hasil tersebut telah memenuhi target yang ditetapkan oleh peneliti sebesar 75%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran examples non examples efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 26 May 2023 03:41
Last Modified: 26 May 2023 03:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7582

Actions (login required)

View Item View Item