Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Type Teamquiz Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 07 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015

Widiawati, Endah (2015) Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Type Teamquiz Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 07 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
3. Skripsi Endah Widiawati_1174845_PGMI_2015.pdf - Other

Download (63MB)

Abstract

Hambatan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V SDN 7 Metro Selatan adalah disebabkan karena kegiatan pembelajaran selama ini hanya berpusat kepada guru dengan didominasi oleh kecenderungan metode ceramah, sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dan berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa.

Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Apakah penggunaan model pembelajaran cooperative type team quiz dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 07 Metro Selatan?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative type team quiz dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 07 Metro Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Jenis penelitian yang sudah dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang di dalamnya terdapat dua siklus. Pengumpulan data dalam model pembelajaran cooperative type team quiz ini berupa lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap model pembelajaran cooperaive type team quiz. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran IPS. Lembar dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa sejarah lokasi penelitian dan lain-lain.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 07 Metro selatan tahun pelajaran 2014/2015, hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I rata-rata sebesar 2,06 (cukup) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 3,01 (baik). Dalam hal ini teijadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II rata-rata sebesar 1. Kemudian untuk hasil belajar siswa meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II. Dalam hal ini berarti teijadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 55,55%, meningkatnya hasil belajar siswa sebagai bukti bahwa model pembelajaran cooperative type team quiz dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan untuk selanjutnya model pembelajaran cooperative type team quiz dapat diterapkan dalam proses pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 May 2023 03:02
Last Modified: 26 May 2023 03:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7584

Actions (login required)

View Item View Item