Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SDN 1 Adipuro Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015

Sari, Eka Purnama (2015) Upaya Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V SDN 1 Adipuro Kecamatan Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
2. Skripsi Eka Purnama Sari_1174805_PGMI_2015.pdf - Other

Download (43MB)

Abstract

Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar diindikasikan karena media pembelajaran. Masalah ini dapat mengakibatkan siswa tidak mengerjakan tugas, tidak memperhatikan proses pembelajaran, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan ribut didalam kelas. Berdasarkan hasil pra survey yang telah dilakukan siswa masih kesulitan memahami pokok bahasan yang memerlukan contoh konkrit dan kurang bervariasinya guru dalam menerapkan media pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa. Hal ini dapat menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan media gambar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan Media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di SD Negeri 1 Adipuro, Lampung tengah Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di SD Negeri 1 Adipuro, Lampung tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus.

Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan media gambar diperoleh hasil pada siklus I. Pada siklus I aktifitas belajar siswa sebesar 66% atau dalam kategori cukup dan siklus II sebesar 73% termasuk kategori baik, atau terjadi peningkatan sebesar 7%. Sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 mencapai 71,87% dan siklus II mencapai 96,87%, mengalami peningkatan sebesar 27,83%. Berdasarkan peningkatan aktifitas dan hasil belajar tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di SD Negeri 1 Adipuro, Lampung tengah Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 May 2023 03:20
Last Modified: 26 May 2023 03:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7585

Actions (login required)

View Item View Item