Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif NU 5 Sekampung Kabupaten Lampung Timur T.P. 2014/2015

Purwani, Afit Tito (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif NU 5 Sekampung Kabupaten Lampung Timur T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
6. Skripsi AFIT TITO PURWANI_1174635_PGMI_2015.pdf - Other

Download (46MB)

Abstract

Proses belajar mengajar di Sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Dalam proses pembelajaran alat peraga merupakan sesuatu yang sangat penting untuk membantu terciptanya pembelajaran yang menarik sehingga siswa menjadi aktif dan lebih mudah memahami pembelajaran sehingga nantinya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, khususnya mata pelajaran matematika.

Dari hasil prasurvey di MI Ma’arif NU 5 Sekampung pada pelajaran matematika diperoleh data yaitu masih rendahnya hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan-permasalahan di atas maka peneliti menggunakan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika MI Ma’arif NU 5 Sekampung.

Rumusan masalah dalam penelitian yang telah dilakukan adalah: apakah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V MI Ma’arif NU 5 Sekampung Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui penggunaan alat peraga dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas MI Ma’arif NU 5 Sekampung Tahun Pelajaran 2014/2015.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, objek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif NU 5 Sekampung dengan jumlah siswa 20 orang pada mata pelajaran matematika dengan materi Sifat-sifat bangun ruang. Data yang diperoleh dari data kuantitatif.

Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa, setelah alat peraga diterapkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 55% dan pada siklus II sebesar 85%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus 11 sebesar 25%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 26 May 2023 07:59
Last Modified: 26 May 2023 07:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/7588

Actions (login required)

View Item View Item